SELAMAT DATANG

BUAT ANAK MUDA YANG PUNYA KARYA DAN SEMANGAT UNTUK MAJU

Selasa, 27 Desember 2011

SABAR

SABAR Part 1
Sabar adalah akhlaq yang amat sangat nyata dan paling banyak disebutkan dalam Al-Qur’an,  lebih dari seratus kali Al-Qur’an menyebutkan kata sabar. Tidak lain dan tak bukan sabar merupakan poros sekaligus asas dari segala macam akhlaq baik. Karena itu setiap kali anda menelusuri kebaikan atau keutamaannya maka yang kita temukan bahwa asas dan landasannya adalah sabar.
-      ‘IFFAH (menjaga kesucian diri), adalah sabar menahan diri dari syahwat kemaluan dan menahan pandangan dari sesuatu yang diharamkan.
-      ZUHUD, adalah sabar untuk menahan diri terhadap kehidupan dunia yang berlebihan.
-      QONA’AH, adalah sabar dalam menahan diri agar merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang dimiliki.
-      HILM (lemah lembut), adalah sabar dengan menahan diri dari sesuatu yang dapat membangkitkan amarah.
-      WAQOR (bersikap tenang), adalah sabar untuk tidak tergesa gesa dalam setiap urusan dan kurang akal.
Dan berani pun adalah bagian dari sabar dengan menahan diri dari sesuatu yang mengajak untuk mundur dan melarikan diri dan lepas tanggung jawab. Pemaaf, pemurah dan semangat merupakan sisi lain dari asas kesabaran.

Ini merupakan saling berkaitannya faktor-faktor pengukuh agama yang semuanya berporos pada yang bernama “SABAR” hanya saja nama-namanya saja yang berbeda namun memiliki konotasi arti yang sama.
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ رَبَهُمْ باِلْغَــــــدَوََََََةِ وَالْعَشِىِّ
Artinya : “Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Robbnya dipagi dan senja hari” (QS.Al-Kahfi:28)

Dan dapat kita pahami bahwa perhatian besar Allah terhadap sikap sabar yang termaktub dalam Al-Qur’an, ini karena besarnya nilai sabar didalam kehidupan dunia dan akhirat. Sabar bukanlah sikap yang dinomor duakan, melainkan sebuah kebutuhan yang ladzim, yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, maka tidak ada keberhasilan didunia dan tidak ada pula pertolongan serta keteguhan kecuali dengan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar